Gue rela menghabiskan duit se gede itu cuma untuk dapat
merasakan mobil kesayangan gue dikala masih baru ke luar dari perakitan,” ucap
Arry Chandra Mukti, pemilik mobil Great Corolla (Greco) lansiran tahun 1995 ini.
Faktor ini serta dilakukan juga sebagai bentuk terima kasihnya pada sang ayah
yang sudah memberikan mobil ini kepadanya sekitar 5 tahun silam.
Modifikasi Toyota Great Corolla 1995
Semuanya berawal diwaktu beliau mengalami masalah bersama
kompresor AC-nya. “Saat lagi jalan, tiba-tiba saja daya pikat kompresor AC
macet & cepat tercium aroma hangus,” kenangnya. Dari AC hasilnya menjalar
ke perbaikan mesin.
Merasa agak tanggung, sekalian saja mesin langsung
dibenerin, namun gue inginnya gunakan part asli Toyota,” lanjutnya. Semuanya
diorder Arry melalui bengkel resmi Toyota di Sunter. ‘Kegilaan’ Arry belum
berakhir, dia berubah ke toko Anugerah Motor milik Edwin di sentra onderdil MGK
Kemayoran. “Dari Edwin gue bakal karet-karet pintu baru orisinal Greco berikut
karet kaca pun,” imbuhnya.
Diluar itu Arry pula bergerilya ke sekian banyak mantan
‘Rangers’ yang lalu sempat
Great Corolla 95 Modifikasi. “Akan sekian banyak barang langka
Greco dari Bayu & Rico Daniel, mereka mantan ‘Rangers’, pemain Greco sekian
banyak tahun silam,” bilang laki laki 29 tahun ini.
Oh iya, bumper depan ditukar gunakan version Greco FX yang
beredar di Jepang. “Fog lamp-nya aja gue pindai baru nih,” kekehnya. Bumper
belakang didapat dari Bayu, version Greco Eropa dalam keadaan NOS. “Bedanya
version Eropa enggak ada ruang pelat nomer, naik di garnis itu,” jelasnya. Stop
lamp gunakan aliran USDM yang warna lampu seinnya agak lebih kuning, bukan
hanya oranye.
Arry serta ganti dasbor bagian atas dengan dasbor baru yang
dibelinya dari Toyota Sunter. “Gue hanya merubah bidang atasnya saja, kisi-kisi
AC-nya beli di Edwin, baru serta,” bilang pilot di salah satu maskapai
penerbangan nasional ini.
Dulu Arry pula meneruskan Air Fantasy yang berfungsi untuk
pewangi kabin. “Ini aksesori opsional Greco di Jepang, tiap-tiap 6 detik akan
mengeluarkan aroma,” terangnya. Rare banget nih!
Selesai? “Buat sementara pass segini lalu, gue telah amat
sangat puas dikarenakan hasilnya sanggup ngerasain punya Greco yang hampir
baru. Waktu Ini nabung lagi untuk modifikasi selanjutnya,” tawanya sembari mengatakan
sisa uangnya di ATM cuma tinggal Rp 38 ribu saja. Waduh!
(otomotifnet.com)
Great Corolla 95 Modif
Cat graphite warna grey De Beer, kemudian pernis HS Scratch
De Beer, bumper depan Greco FX, grill TRD, headlamp Koito smoke, bumper
belakang & garnis Greco Europe, stoplamp Ichikoh Greco USDM, spion Greco BZ
Touring, Greco GT side skirt, karet-karet baru full asli dari Toyota, kaca-kaca
yang baru Toyota, lower deck baru orisinal Toyota, liner fender baru orisinal
Toyota, front discount brake baru orisinal Toyota, washer pump baru orisinal
Toyota, water reservoir baru orisinal Toyota, radiator & ekstra fan baru
orisinal Toyota, bull bar baru orisinal Toyota, fender kiri depan baru orisinal
Toyota, hard board bagasi baru asli buatan Toyota, rack steering assy baru,
dasbor baru orisinal Toyota, panel fascia tengah mobil Greco jenis FX, AE101;
Air Fantasy, secret box, dan matic cup holder, adjustable seat belt, burger
tray, JDM sun visor, map light+sunglass holder, juga hard roof panel, air
purifier, dengan manual arm rest, clean box, FX carpet, setir & shift knob
FX Momo, spidometer FX, seat belt pemeriksaan, trunk cover, con light, Recaro
Njoy manual, pelek TRD T3 15x6,5 inci, ban Toyo T1R 195/55R15, per TRD,
menggunakan sokbreker Kayaba, TRD 3 point strutbar, memakai AE101 rear link
stabilizer, knalpot Fujitsubo FGK, rear diskon brake AE101.
Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang Great Corolla 95 Modifikasi, silakan saksikan video ini!
Modifikasi Great Corolla Tahun 1995
Hai temen-temen, ada sekian banyak rekan mengemukakan bahwa
mobil
Great Corolla 95 Modifikasi yaitu mobil yang paling gak bisa dilupakan, asik buat diburu
& males untuk di jual. Klo gak percaya mari kita tanyakan sama salah satu
pemiliknya, Kang Arif JA atau BJL! Bila kita melihat data yang ada di Pos Kota
kayaknya permintaan pasar mobkas untuk Great Corolla, khususnya yang
bertransmisi manual, tetap meningkat dibanding generasi setelahnya, All New
Corolla. Harganya pula condong meningkat belakangan ini. Boleh jadi hal ini
adalah tanda bahwa semakin tidak sedikit eksekutif muda yang telah tak rela
kehujanan lagi. Rancangan bodi
Great Corolla 95 Modifikasi yang membulat dianggap tidak
lekang oleh waktu & lebih keren ketimbang All New yang agak mengotak.
Padahal All New Corolla SEG telah di lengkapi airbag. Bisa Saja inilah yang
menjadi si Great Corola ini semakin disayang penggunanya.
Model Greco
berdasarkan modelnya, greco dibagi menjadi 2 yaitu:
1. kategori SE : mesinnya 1300
2. jenis SEG : mesinnya 1600 EFI
Generasi Corolla ke-5 yang hadir di tahun 1992 ini jadi
penerus dari model Twincam, generasi tahun 92-93 : ciri paling penting yaitu
lampu belakang nya orange-merah. maksudnya lampu sen belakang masihlah berwarna
orange. Grill depan pula tetap berbentuk plain horizontal. Satu yang paling
berkesan bersama greco 92-93 yakni terdapatnya feature rectractable mirror
(spion yang mampu dilipat) buat type SEGnya. Pasokan bahan bakar injeksi jadi
salah satu ciri dari kedatangan Great Corolla di Tanah Air. Di awal
kehadirannya, Great Corolla sediakan dua pilihan mesin : 1.300 cc (2E) untuk
varian 1.3 SE & 1.600 cc (4A-FE) untuk 1.6 SEG. Di zaman ini pun Toyota membuat
pertama kalinya sediakan pilihan transmisi automatic di line-up Corolla.
Pilihan jenis 1.3 SE ditujukan untuk langkah antisipasi
Toyota yang merupakan peralihan pasokan bahan bakar karburator jadi injeksi.
Mesin 1.300 cc SOHC yang dimanfaatkan sama dengan milik Starlet & Corolla
1.3 SE generasi pada awal mulanya. Tetapi seterusnya, data penjualan yang
kurang baik menjadikan varian ini lantas ditiadakan dari angkatan ke-2
Great Corolla 95 Modifikasi sekitar tahun (1994-1995). Angakatan tahun 94-95 : ciri utamanya yakni lampu
belakang nya putih merah, bersama lampu sen yang berwarna putih segaris. grill
depan pula dipermanis bersama penambahan alur2 vertikal maka nampak lebih
mewah. Jeleknya jenis ini merupakan dihapusnya feature foldable mirror di
seluruh tipenya.
Sementara mesin 4A-FE untuk Greco 1.6 SEG mempunyai
kapasitas 1.600 cc Twincam 16 valve. Mesin ini sanggup membuahkan tenaga se
gede 115 dk, menjadikan mobil ini lumayan bertenaga & ekonomis bbm. Biarpun
pun sedia dalam pilihan transmisi automatis, pilihan girboks manual terus
mendominasi penjualan Greco.
Apa yang mesti diperhatikan? Kelengkapan feature jadi
senjata Toyota buat mengusai pasar di zaman 1990-an. Salah satu feature yang
jadi kelebihan
Great Corolla 95 Modifikasi di awal kehadirannya yakni pelipat spion elektrik. Disaat
itu, feature ini belum diadopsi oleh sainganya di kelas Medium mobil Sedan.
Sayang karena ketidaktahuan pemakainya, pelipat spion elektrik ini sering rusak
akibat dilipat dengan cara paksa. Lantaran itu terhadap Greco facelift
(1994-1995) feature ini tak lagi dipakai.
Perbandingan dengan Kompatitor
Honda Genio Civic yakni rival mutlak Greco di zaman 1990-an.
& hingga waktu ini, Medium Sedan Honda ini pula konsisten beradu ketat
dengan Greco di pasar mobkas.
Kelebihan Genio ketimbang Greco ialah tenaga mesinnya yang
lebih kuat (118 dk), tidak cuma itu handling-nya pun lebih baik berkat aplikasi
suspensi double wishbone di keempat roda. Civic sedan ini telah memanfaatkan
empat buah rem cakram juga sebagai penghenti laju. Tidak Cuma itu, mobil
Mitsubishi Lancer angkatan keempat di Tanah Air, atau tidak jarang sering
dinamakan sebagai Evo III serta jadi pilihan favorit. Angkatan mobil Lancer
yang diproduksi antara 1992-1995 ini mempunyai pilihan mesin paling tidak
sedikit, ialah 1.500 cc karburator (GLX) & 1.600 cc SOHC 16 valve MPI
(GLXi) dengan transmisi manual pun matik, dan pula model terkencang (GTi)
bermesin 1.800 cc DOHC 16 valve MPI.
Tidak diragukan lagi bahwa mesin mobil Toyota berkode 4A-FE
mempunyai durability yang demikian baik, maka harga pasaran Greco relatif
stabil hingga waktu ini. Varian Greco idola yakni 1.6 SEG 1994-1995
bertransmisi manual.
List Perkiraan Harga Great Corolla
Pasaran harga Great Corolla M/T yang dihimpun dari Pos Kota
Toyota Corolla SEG M/T tahun 1992 Rp 45-55 juta
Toyota Corolla SEG M/T tahun 1993 Rp 50-60 juta
Toyota Corolla SEG M/T tahun 1994 Rp 55-65 juta
Toyota Corolla SEG M/T tahun 1995 Rp 65-75 juta
Sebagai bahan pertimbangan justru model transmisi manual
lebih mahal kisaran2-3 juta dibnding model matic buat tahun yang sama.
Tata Cara Membeli Mobil Toyota Great Corolla
1. Body. Berkaitan body mobil, mengingat tahun pembuatannya
serta relatif lama, sehingga tentu ada sekian banyak sektor dari body yang
telah ‘dipoles’atau bahkan di-byur (cat ulang total). Yang butuh kamu cermati
disini ada presicion dari alur-alur bukaan body, seperti posisi kap mesin &
alur garis pintu. diluar itu, wujud spatboard depan Toyota Great Corolla 1994
mempunyai ciri yang membedakan dengan Toyota Great Corolla 1993, yakni di ujung
bawah yang sedikit meruncing.
2. Lampu. Dicek bagian ini satu persatu sejak mulai dari
fungsi lampu kota, lampu jauh & sign lamp. Tonton wujud lampu belakang ori
Great Corolla 1994 yang memiliki ciri kombinasi warna putih & merah.
Terhadap Toyota Great Corolla 1993 kombinasi warnanya merupakan kuning &
merah, bahkan di sekian banyak mobil kombinasi lampu belakang ini ditukar
dengan plat plastik berwarna hitam.
3. Jok. Jok ori
Toyota Great Corolla 1994 merupakan dari
kain wol berwarna abu-abu. Di sekian banyak mobil, dikarenakan alasan keadaan
jok yang telah tak keren, ditukar bersama bahan leatahuner.
4. Air Conditioner (AC). AC ialah salah satu bidang butuh
kamu cermati keadaannya, sebab ali-alih kamu menikmati kenyamanan mobil, kamu
justru disibukan oleh perbaikan AC mobil kamu. Indikator pemeriksaannya enteng
: 1) Kamu pass menyalakan mobil & AC, tunggu 5 menit apakah ruang kabin
mobil jadi dingin atau tak. 2)Lihat perubahan RPM disaat AC dinyalakan, bila
tak beralih, berarti ada masalah terhadap dinamo AC-nya. Faktor ini bakal
menyebabkan timing belt AC serentak aus &rusak (putus), kadang sanggup
hingga mengeluarkan nada parau dikala timing belt bergesekan dengan body dinamo
yang tak berputar.
5. Power Window. Perbaikan power window kadang
gampang-gampang susah. Buat itu, memeriksa satu persatu keadaan power windows
untuk seluruhnya pintu. Memeriksapun central kontrol untuk power window di
pintu kemudi pun central lock-nya.
6. Test Drive.
Toyota Great Corolla 1994 mempunyai kelemahan
(dikarenakan umur) terhadap komponen Ball Joint, Power Steering & Kopel.
Buat memeriksanya, kamu pass laksanakan test drive. Laksanakan mobil kepada
jalan halus & berbatu. Rasakan putaran steer-nya waktu kamu belokan/putar
dalam kondisi diam & dengarkan nada yang barangkali ke luar dari bidang
bawah mobil & roda-roda dikala melaju. Bila terdengar nada ‘gemerutuk’
berarti sektor komponen-komponen tersebut sudah bermasalah.
Kesukaran Great generasi perdana yakni pelipatan spion
elektriknya yang rentan rusak. diluar itu tidak ada masalah berarti.
Teknologinya sederhana namun oke & enteng dipelajari oleh pecinta pemula.
Mobil Great Corolla 95
Berbeda dengan para pecinta BT90 yang lain bangga dengan
besutan kesayangan mereka, namun bagi seorang Sandy Aji justru merasa biasa
saja dengan mobil
Toyota Great Corolla (Greco) kelahiran 1992 miliknya. Apalagi
dengan adanya komunitas sedan dengan kode bodi AE101 ini tergolong berlimpah di
jalanan Tanah Air. Tentu saja dengan langkah modifikasi mesti dikerjakan supaya
tampil beda dengan mobil sedan lainnya.
Lebih kerennya lagi, Sandy menganggap enggak pingin
modifikasi ekstrem yang justru sanggup menghilangkan rancangan ori. "Yang
terutama tambah tampak kece & bikin tidak sedikit mata melirik,"
ungkap laki laki ramah ini. Nah, jurus kunci menurut Sandy yakni tampil bersama
gaya Toyota Corolla BZ Touring Wagon.
BZ Wagon sendiri yakni
Corolla version wagon yang enggak
dipasarkan untuk pasaran Indonesia. Cuma untuk pasar Jepang & Eropa. Meski
tampak sedikit beda, tetapi dengan wujud bodi mirip. Ada banyak komponen BZ
Wagon yang mampu diaplikasi ke Greco miliknya. "Hanya saja, kendalanya
harus hunting part ke luar negara, seperti junkyard di Malaysia," tutur
laki laki berkepala gundul ini.
"Di sana, potongan bodi BZ Wagon datang dari Jepang,
& gue mesti adu langsung bersama warga setempat yang serta berburu part BZ.
Dapatnya serta enggak segera, tetapi mesti bolak-balik kesana konsisten agar
enggak kehilangan barang incaran," narasi Sandy lagi.
Perjuangan Sandy enggak sia-sia sebab nyaris semua part bodi
OEM BZ Touring Wagon saat ini melekat di sektor eksterior. Mulai dari bumper
bagian depan & lips, fog lamp, gril, juga side sticker, spion, smoke
headlamp, lampu sein samping sampai rear lips bumper & side skirt gunakan
OEM BZ Wagon tuh.
Kaki-Kaki
Untu bagian pada kaki-kaki, biarpun tidak tidak sedikit
ubahan, namun terus menarik karena terpasang pelek Enkei RS-Evolution yang
terbilang langka. Bersama lebar belang, 8 & 9 inci bersama diameter 17
inci, bikin kaki-kaki tampak sporty.
Paduannya ban Accelera 205/40R17 buat depan-belakang.
Akhirnya, ban belakang tampak sedikit ketarik. "Pelek ini sempat ditawar
orang dengan harga berkisar 20 juta rupiah, namun belum gue lepas nih, langka
& sulit banget nyarinya hehehe...," ucap dia yang saat ini
bermukim di kota Depok, Jawa Barat ini.
Bukan cuma eksterior saja, tapi bagian interior pun terkena sentuhan bergaya BZ Touring Wagon.
Dapat pula dipandang pada bagian spidometer, konsol tengah sampai clean box OEM
BZ Touring Wagon. Sementara itu, sepasang Recaro Modular Fishnet dipasang yang
merupakan jok untuk depan. "Sayang nih dasbor OEM BZ gak pernah
dipasang," imbuh Sandy ketika mengakhiri kisah modifikasi mobil
kesayangannya ini.