Mobil Toyota Great Corolla (Greco) benar-benar salah satu
ikon Harga
Modifikasi Great Corolla 95 yang paling laris di semua Negara di dunia. masih banyak version
Greco biasa orang menyingkatnya dari
Great Corolla yang beredar. Sebut saja
Corolla FX, GT, & BZ-Touring. Nah, kali ini, Ivan Ariesta Triputra, si
owner Great Corolla ‘95 ini lebih memilih memodifikasi Greco ala Corolla FX
yang ngetop di Eropa & Australia. Yang lebih menariknya lagi ternyata
sebahagian didapat dari aksesori limbahan.
Harga Toyota Great Corolla 1995
Pada awalnya, sebenarnya dia membeli bumper Corolla FX.
“Sekilas modelnya enggak terlampaui beda dengan bumper aslinya,” jelas Ivan.
Bumper ini memang ada langsung foglampnya. Setelah Itu grill Corolla FX pun
dipasang menukar grill standar. Sedang khusus kaca spion, Ivan mengadopsi dari
Greco jenis BZ-Touring yang wujudnya lebih kotak & telah autoretract, harga
buat ke3 part ini kurang lebih ditaksir sekitar 6,5 juta rupiah.
Setelah Itu lampu & garnish belakang dipindah seharga Rp
3 juta & bumper version Euro yang gak ada lokasi pelat nomornya dibeli
senilai 1,5 juta rupiah. Sasaran berikutnya yaitu pelek, Ivan pilih Advan RG 1
16” yang dibelinya seharga Rp 10 juta. Sementara paduan per, Ivan gunakan
Eibach, harganya skitar Rp 2,5 juta.
Untuk
Harga Modifikasi Great Corolla 95 ke dalam kabin, Ivan memasang setir Nardi
seharga Rp 1,9 juta, sedangkan buat shift knob TRD dibeli seharga Rp 400 ribu.
Sementara itu, jok aslinya dibungkus bersama bahan yang serupa Recaro, berikut
jok untuk bagian belakang plus trim pintu. Nah, banderol buat menyelimuti jok
itu seharga sekitar Rp 2 juta.
Tak ketinggalan, speedometer milik BZ-Touring serta
menghiasi dasbor. “Harganya 2 juta rupiah,” urai owner bengkel body repair,
Ivan’s Otoworks di bilangan Cempaka, Bintaro ini. Terakhir Ivan memasang
knalpot fujitsubo yang dibelinya seharga sekitar Rp 2 juta.
Setelah dimodifikasi mobilnya, alhasil
Harga Modifikasi Great Corolla 95 yang awalnya
dibeli dari baru ini tampil ‘manglingi’, demikian kata orang Jawa. Berminat
mengikuti Ivan? (mobil.otomotifnet.com)
Great Corolla Modifikasi Elegan
Mobil Great Corolla atau sering disebut Greco yang saya
punya merupakan jenis SE, warna hitam tahun 94. Dikala membelinya pada 3 tahun
silam, keadaannya memang lah tetap standar. Walau begitu, untuk paket audio
telah menggunakan power maka dari sudut audio telah cukup segitu aja, hanya
head satuan yang terpasang belum sanggup buat memutar DVD & USB flashdisk.
Diluar itu, untuk kaki-kaki, telah terpasang velg Boss 16". Itulah
gambaran awal keadaan Greco saya.
Sebenarnya dari awal ketika saya mempunyai mobil Greco,
telah ada niatan untuk mempercantik mobil dengan paket-paket modifikasi yang
tidak sedikit ditawarkan. Tapi sebab keterbatasan budget, hasilnya mandek
konsisten buat memodifikasinya.
Biarpun belum tersentuh elemen modifikasi, toh masihlah saja
Greco tampil jelita. Faktor ini sebab
Harga Modifikasi Great Corolla 95 dari awal mempunyai harga yang bagus,
interior mewah, maka gak butuh tidak sedikit modifikasi lagi. Kalaupun dapat
dimodifikasi, sedia tidak sedikit pilihan modifikasi & ketersediaan part
modifikasi yang melimpah.
Langkah awal modifikasi merupakan saya merubah head satuan,
yang semula tak dapat untuk memutar flash disk & DVD, ditukar bersama head
satuan JVC KD-DV5506. Tidak Cuma mengganti head satuan, pun dibuatkan box baru
untuk sub woofer, maka lebih nge-pas di bagasi. Sekalian tukar head satuan,
dilakukan pula penyetelan ulang power supaya nada yang ke luar lebih enak
didengar. Saya senang nada standar yang tak menghentak tapi lumayan medium
saja.
Nyatanya seiring berjalannya waktu & hasil diskusi,
nyata-nyatanya velg berukuran 16" nyatanya cuma enak diliat saja, karna
sedikit mengorbankan kenyamanan & harga ban profil tidak tebal yang sedikit
lebih mahal. Hasilnya velg pula ditukar jadi ukuran 15". Bersama velg
ukuran lebih mungil, automatic ban juga ditukar jadi ban bersama profil lebih
tebal. Penggantian ini, dampaknya amat sangat terasa, mobil terasa jadi jauh
lebih empuk. Elemen ini saya laksanakan benar-benar Greco ini dapat saya pakai
buat diperlukan harian, maka mesti berasa lebih empuk & nyaman.
Keluhan lain yang terlihat mengurangi "kecantikan"
Greco merupakan headlamp-nya telah mulai sejak menguning. Dari hasil browsing
& lantaran telah survey ke tukang poles yang mahal, hasilnya saya coba
membersihkan sendiri headlamp-nya. Cuma dengan bahan yang murah : white
compound & silicone glaze, headlamp kembali kinclong. Tahapan membersihkan
headlamp yang dikerjakan sendiri mampu dipandang di petunjuk membersihkan
Headlamp Mobil.
Toyota Great Corolla
Tetap berhubungan dengan lampu depan, saya pula menyambung
foglamp. Tidak Cuma untuk memperbaiki tampilan, pun bermanfaat buat menerangi
bidang bawah & samping yang kurang mendapat penerangan yang lumayan oleh
headlamp.
Perihal lain yang sifatnya accessories yang dipasang yaitu
gps & radio vhf (lebih dikenal dengan radio 2 m band atau 2 meteran).
Mengapa saya memasang nya ? Lantaran keduanya menopang hobi saya yang menyukai
kegiatan travelling & kegiatan fotografi. Dengan memasang keduanya sewaktu
saya travelling & memotret ke mana saja saya senang, gak sempat tersesat &
dijamin senantiasa ada yang memandu di frekuensi. Sewaktu akan sinyal satelit
gps & dalam coverage repeater atau gateway EQSO saya senantiasa sanggup
membuka dengan rekan-rekan di ORARI.
Untuk gps saya memanfaatkan Nomor Wahid Spring SF410ii HD.
Menggunakan software Navitel & updatepeta free Indonesia dari Navigasi.net.
Dengan up to date peta yang nyaris 2 bulan sekali, menciptakan saya tak
khawatir laksanakan perjalanan ke tempat-tempat yang belum saya jenguk
sekalipun.
Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang Harga Modifikasi Great Corolla 95, silakan saksikan video ini!
Sementara itu untuk peralatan komunikasi di frekuensi radio,
saya memasang Icom IC-2100H. Icom IC-2100H lumayan memadai buat berkomunikasi
bersama stasiun lain dengan jarak hingga 100 kilometer bersama dukungan antena
Diamond M285.
Untuk modifikasi ini, saya lebih menekankan terhadap
fungsionalitas benda yang dipasang, bukan hanya menguber tampilan saja. Meski
begitu, sekali kala pula mau pun rasanya menambah accessories yang sifatnya
kosmetik alias mempercantik panampilan Greco, toh sangat banyak sedia
accessories di pasaran.
Itulah sedikit gambaran
modifikasi Greco yang saya punyai.
Memang Lah tetap banyak sekali kemauan modifikasi yang belum terlaksana. Namun,
bersama keadaan seperti inipun, Greco telah tampak lumayan menawan & mewah
buat ukuran sedan keluaran tahun 94.
Panduan Membersihkan Headlamp Mobil
Headlamp mobil lanjut umur dengan cara alamiah bakal mulai
pudar dan berwarna kusam. Perihal ini tidak hanya mengurangi keindahan serta
dapat mengurangi intensitas cahaya yang dipancarkan, hal ini bakal amat
mengganggu dan tidak enak dipandang pula.
Sebenernya trik yang paling enteng sih bawa aja ke tukang
poles, dipastikan kinclong lagi. Namun anggaran moles nyatanya cukup menguras
kantong, saya udah nanya-nanya di kisaran harga antara 250 ribu-350 ribu
sepasang. Cukup mahal buat ukuran headlamp yang udah lanjut umur, lantaran
harga second-nya aja hanya di kisaran 500 rb-900 rb (bekas asli koito).
Kemudian biar demi pengiritan budget belanja, saya mulai
melakukan browsing lah nyari arahan membersihkan headlamp, benar-benar tidak
sedikit metode & bahan yang tidak sama. Saya milih yang paling lebih
praktis aja & termurah, bahannya yang paling gampang didapat.
Sesudah ketemu metodenya, saya gak adopsi serta-merta, namun
saya modifikasi aja yang menolong proses pengerjaannya hehehe ....
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
-amplas halus (optional, tergantung keadaan headlamp)
-white compound
-silicon glaze
(janganlah bertanya brand bahan ya, tergantung ketersediaan
di toko aja hahaha, gak adamarketing fee sih hahaha ....)
Tahapan pengerjaannya yaitu sebagai berikut :
-bersihkan permukaan headlamp yang dapat dipoles, dulu
keringkan
-perhatikan permukaan headlamp, apakah ada kotoran yang
telah mengerak ? kalo ada, amplas dahulu pake amplas halus, sesudah bersih dulu
siram air & keringkan
-selanjutnya poles memakai white compund sampe permukaannya
tampak bening sebening gelas hehehe
-setelah tampak bening, finishing bersama memolesnya memakai
silicon glaze
-Selesai deh ..., bandingkan dengan pada awal mulanya, cukup
tidak sama lah hehehe ...
Permasalahan yang barangkali timbul yaitu nyata-nyatanya
batok reflektornya menjadi nampak & nyata-nyatanya bernoda pula berwarna
kusam atau kekuningan, nah buat urusan membersihkan reflektor sih saya males,
ribet mesti buka batok headlamp & pake proses pengelemean yang beresiko,
serahkan aja kepada ahlinya hahaha ....
Toyota Great Corrola
Saat ini fenomena yang aneh tetapi lazim mulai ditemui
ketika kita melihat-lihat pasar mobkas atau dikenal dengan nama mobil bekas,
entah mengapa kita temui model mobil ini. Mobil apa yang dimaksud? Tentu saja
kalo bukan mobil sedan Toyota great corolla atau sering disebut greco. Jika di
kota Jogja, maka kita sudah tak terkejut lagi, karena di otobursa tvri Jogja,
inilah mobil sedan yang paling banyak mendominasi. Apalagi untuk menjual mobil
ini bisa jadi tak perlu membutuhkan waktu yang cukup lama & ngga perlu
berlebihan di iklannya toko keren tapi apa sih daya pikat dari greco ini yang
menciptakan beberapa orang tertarik untuk membelinya
Histori Toyota Great Corolla
Untuk lebih jelasnya tentang mobil sedan
Toyota Great Corolla, sebaiknya kita harus mengetahui sejarah mobil ini terlebih dahulu,
agar kita tidak tidak mengetahui info mobil ini hanya sepotong-poto saja,
tetapi secara garis besar kita menguasainya. Mobil greco ialah generasi ke lima penerus tahta toyota
corolla juga sebagai salah satu tulang punggung penjualan toyota. Greco hadir
di tahun 1992 menukar corolla twin-cam yang pesonanya masihlah bersinar ketika
itu. Opsi mesin yang ditawarkan greco kala itu ada 2 yakni 1300cc [2E] untuk
varian 1.3 SE & 1600cc [4A-FE] untuk varian 1.6 SE-G. Di zaman ini produk
toyota melengkapi corolla dengan transmisi automatis.
Varian 1.3 SE ini sebenarnya hanyalah pilihan bagi orang
yang masih menyenangi karburator. Mesin ini mirip dengan kepunyaan starlet
kapsul & corolla twincam 1.3 bersama uraian 1300cc, Bore x Stroke : 73.0
mili meter x 77.4 mili meter, SOHC, 12 valve bertenaga 70 handphone @ 6000 rpm
& 96 nm @ 3600 rpm. Tetapi varian ini kurang diminati kastemer maka
discontinue ketika di tahun 1994.
Varian 1.6 SE-G merupakan varian yang paling dicari pembeli,
bersama mesin yang pass andal dengan twin-cam & EFI nya. Speknya 1600cc
Bore x Stroke : 81.0 milimeter x 77.0 milimeter DOHC 16 valve bertenaga 115
ponsel @ 6000 rpm & 145 nm @ 4800 rpm. Varian ini pula sedia dalam version
transmisi automatis.
Greco ada 2 generasi, tahun 1992-1993 & tahun 1994-1995.
Greco facelift [1994-1995] memiliki ciri yang tidak sama dengan greco awal
yakni gril bumper depan belakang beda, lampu belakang dengan mika sein putih.
Keunggulan dan Kelemahan
Keunggulan :
1. Hentakan tenaga telah serta-merta terasa di putaran
bawah, pas dipake di kota-kota besar dan agak macet seperti di Jakarta. Urusan
selap selip lumayan lincah.
2. Bentuk / model tak ketinggalan jaman walaupun telah
berusia.
3. Untuk ukuran mobil bermesin cam ganda dan belum
mengaplikasikan VVT, mengkonsumsi mobil ini boleh dibilang ekonomis lebih
kurang 9-11 km/liter.
4. Suku cadang tidak sedikit ditemui di pasaran, sejak mulai
dari yang orisinal sampai yang KW. Bahkan yang limbah Eks-Singapura pun
tersedia.
5. Jaringan bengkel Toyota yang menyebar dimana2.
6. Harga jual/resale value lumayan keren kecuali buat
version 1300 cc jeblok di pasaran dan kurang diminati customer.
Kelemahan :
1. Sering ada masalah di bagian kaki dan power steering.
2. Rem belakang tetap menganut teromol.
3. Ketika di geber dijalan tol, putaran atas mobil seperti
tak bertenaga.
4. Interior memang kurang agak lapang.
5. Masih menggunakan velg kaleng/besi yang ditutup dengan
dop velg.
Apa saja yang mesti diperhatikan?
1. Cek mesin apakah suaranya halus atau nggak, mesin kering
dari oli atau nggak, cek knalpot apa berasap. Jika asap putih tampak lebih baik
pikirkan sebelum meminang atau mesti turun mesin
2. Cek suspensi & kaki kaki, rata rata greco yang
diperlukan anak jejaka tentu menjamah bidang kaki kaki entah ubah velg
aftermarket atau suspensi diceperkan.
3. Cek power steering, apabila rusak & perbaikannya
seadanya ada bisa jadi gejala ps rusak mampu timbul lagi sesudah meminang
4. Cek electric mirror [generasi sebelum facelift] lantaran
masihlah gunakan roda gigi plastik ada mungkin aus
5. Cek Idle Speed Control Valve [ISCV], perangkat ini
mengontrol pasukan bbm kepada EFI disaat langsam. Seandainya rusak rata-rata
jarum takometer tidak jarang fluktuatif diwaktu langsam.
6. Cek headlamp buram apa tidak… maklum mobil tua,
lebih-lebih lensa lampu depan bahan plastik, rata-rata penyebabnya sebab daya
bohlam kegedean atau silnya bocor.Tetapi faktor ini tidak usah terlalu
dikhawatirkan lantaran tidak hanya version original pun ada version KW-nya.
Sedikit intermezzo saja, apa sih yang menyebabkan varian ini
lebih diminati dibanding version barunya all new corolla? pernah ditanyakan ke
beberapa orang melalui situs social nomor satu praktis… terlebih kalo bukan
fesbuk. Kebanyakan orang senang greco karena modelnya mempunyai tidak sedikit
kontur membulat yang membuatnya lebih everlasting dibanding all new corolla
yang tetap ada sisi sudutnya. Biasalah kastemer indonesia biasanya sensitif
untuk mesin & style suatu kendaraan. Sehingga patut saja greco harganya
masih relative tinggi.
Demikianlah uraian tentang
modifikasi Greco, baik dari harga
Greco 95, keunggulan Greco, dan juga kelemahan Greco, sehingga dapat menjadikan
panduan Anda yang ingin memiliki Greco dan juga pecinta Greco di tanahair.
Semoga dapat bermanfaat bagi Anda penggemar Greco.